Senin, 28 November 2011

tugas etika bisnis " 1 "


Nama             : dody ari wibowo
Kelas              : 4ea12
Npm               : 10208391
Mata kuliah  : etika bisnis

Tugas  “ 1 ”
1.       Semanagat Pelayanan Prima
Menurut tanggapan saya mengenai prinsip-prinsip pelayanan prima itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan atau konsumen agar lebih maksimal dan berhasil. Jadi, prinsip-prinsip tersebut merupakan tujuan utama dari pencapaian pelayanan. Prinsip pelayanan prima diperlukan untuk mengatur langkah-langkah, cara-cara atau strategi dalam menjalankan fungsi perusahaan atau organisasi untuk melayani pelanggannya.

Komentar saya mengenai prinsip ini biasanya terdapat suatu target yang ingin dicapai. Hasil-hasil yang ingin dicapai itu dapat berupa meningkatnya kepuasan pelanggan , pelanggan-pelanggan yang potensial dan menguntungkan dapat dipertahankan, meningkatnya jumlah pelanggan-pelanggan yang loyal, mendapatkan pelanggan baru, dan tercapainya konsep pelayanan prima yang dijadikan sebagai tujuan utama dari suatu perusahaan atau organisasi.
Contoh, combiphar berambisi meningkatkan pangsa pasarnya, yang saat itu hanya sebesar 2%, sedemikian sehingga dapat masuk ke deretan lima besar dalam pasar nasional bisnis farmasi. Combiphar tidak memilih strategi product leadersip karena perlu dana besar untuk R&D. Melainkan, memilih strategi cost leadership. Untuk mendukung ambisi tersebut, Combiphar menerapkan ERP berbasis SAP. Dengan sendirinya, bersamaan dengan penerapan ERP ini, sekaligus dilakukan perbaikan proses bisnis.
2.       Semangat Fairness

Menurut tanggapan saya mengenai kegiatan berbisnis dalam semangat fairness itu sangat diperlukan karena adanya perlakuan yang setara terhadap semua pihak yang berkepentingan sesuai dengan kriteria dan proporsi yang seharusnya. Fairness juga perlu diperluas pada pola perlakuan kepada stakeholders lainnya, misalnya pola hubungan dengan karyawan, Keseimbangan hak pemilik mayoritas dan minoritas juga harus diperhatikan, sehingga tidak ada kelompok pemilik yang dirugikan. Demikian pula halnya dengan hak-hak karyawan, kreditur, serta pemasok dan langganan, harus ditetapkan secara jelas dengan melibatkan sebanyak mungkin pihak-pihak yang terkait. Para anggota manajemen dan karyawan haruslah mendapat perlakuan yang seimbang dan wajar, sesuai dengan kedudukan masing-masing untuk mencapai suatu kinerja yang optimal.
Komentar tentang prinsip ini  juga memegang peranan penting untuk mengkonkretkan suatu keseimbangan. Berbeda dengan kepentingan pemegang saham, keseimbangan bagi manajemen dan karyawan yang berupa pemberian upah yang disesuaikan dengan pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing pihak. Dengan demikian, kesejahteraan mereka dapat lebih terjamin dan implikasinya memungkinkan manajemen perusahaan berjalan dengan lebih baik.
Contohnya dalam  sistem pemberian reward yang baik yang mampu meningkatkan motivasi kerja dan kinerja di suatu perusahaan. Tidak dapt dipungkiri bahwa perasaan dihargai yang merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia. Pemberian reward yang tepat akan menimbulkan semangat dari manajemen dan para karyawan untuk bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Diharapkan dapat tercipta suasana kerja yang berisikan sumber daya manusia yang berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dengan cara-cara yang wajar dan fair.
3.       Semangat kerja keras untuk maju
Menurut tanggapan dalam semangat kerja keras untuk maju Dalam berbisnis memang yang diperlukan adanya kerja keras, berpandangan luas serta bukan berpikir untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dalam jangka pendek, tetapi bagaimana keuntungan yang diperoleh itu konsisten dalam waktu yang lama, sehingga bisnis dapat bertahan dan kuat.
Ketika berbisnis memang diperlukan suatu pengorbanan yang cukup besar, baik waktu, biaya dan pikiran. Selalu berpikirlah ke depan dan lakukan yang terbaik untuk kemajuan bisnis yang dimiliki.
Menurut komentar saya mengenai hal prinsip ini intinya yaitu dalam berbisnis itu harus dilakukan dengan jujur dan tidak melakukan kecurangan, ketika kejujuran dan cara-cara kotor digunakan, maka bisnis kita tidak akan dipercaya lagi. Dalam melakukan proses bisnis juga tidak boleh kaku, dalam artian proses bisnis yang digunakan harus mampu menjangkau semua aspek-aspek masyarakat mulai dari masyarakat ekonomi atas, ekonomi menengah, dan ke bawah.
Contohnya yaitu suatu Pelanggan ibaratnya asset yang berharga, karena pelanggan merupakan konsumen utama dalam berbisnis, ketika pelanggan mendapatkan pelayanan yang memuaskan, maka pelanggan akan setia untuk berbisnis dengan kita. Oleh karena itu, selalu utamakanlah pelanggan dalam proses bisnis kita dan jangan membuat pelanggan kecewa.

4.       Semangat harmonis dan kerja sama
Semangat harmonis dan kerjasama dalam melakukan suatu kegiatan usaha sangatlah diperlukan dan penting adanya. Ada pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Jika lidi beridiri sendiri maka akan mudah dipatahkan namun jika digabungkan dalam satu ikatan maka lidi tersebut akan menjadi kuat dan sukar untuk dipatahkan. Dari semangat kerjasama ini telah dipraktekan dalam dunia usaha
Sebagai contoh, dalam satu area pusat perdagangan handphone, atau komputer, jka salah satu toko mendapatkan pelanggan yang memerlukan produk A, namun di toko tersebut barangnya sedang kosong, maka si pemilik toko tersebut akan meminta bantuan toko lainnya yang memiliki produk A, sehingga pelanggan tersebut bisa mendapatkan barang yang dicarinya dan terjalinya kerjasama yang baik antar toko yang saling menguntungkan, karena satu sama lain saling membantu, dengan tujuan pelanggan puas, dan yang memiliki barang merasa senang karena barang daganganya laku terjual.
Komentar saya dalam prinsip ini adalah adanya kerjasama-kerjasama seperti inilah yang perlu kita pelihara. Karena kita hidup ini bermasyarakat kita adalah suatu kesatuan dan menjaga kebersamaan memberikan kebahagian

5.      Semangat hormat dan rendah hati
Tanggapan saya mengenai prinsip ini dimana seseorang mengakui keterbatasan mereka dan menerima bahwa mereka tidak bisa pergi sendirian.  Pola pikir ini berharga untuk tim karena berfungsi sebagai undangan bagi orang lain untuk membantu. Kerendahan hati, bagaimanapun, bukanlah alasan untuk malas. Ini juga berarti memiliki kemauan untuk membantu orang lain melakukan pekerjaan mereka ketika kebutuhan muncul. Ini adalah cara untuk membiarkan kepribadian yang berbeda untuk saling berkoordinasi.
Sedangkan komentar saya tentang prisip ini dapat Membina kerendahan hati di tempat kerja membutuhkan kepemimpinan dan menempatkan apa yang Anda yakini ke dalam suatu tindakan. Seperti halnya bisa melihat kesombongan, arogan mengabaikan orang lain dan kebalikan dari kerendahan hati, selama wawancara pekerjaan
Sebagai contoh, ketika seorang ibu sedang mencoba untuk membantu putrinya mengerjakan PR matematikanya dan membuat kesalahan, putrinya, bukannya mengatakan, "IBU, ANDA MILIKI SEMUA SALAH!"  harus mengatakan, "Apakah mungkin Anda membuat kesalahan, Ibu?"  "Apakah mungkin ...?". Ternyata kosakata yang arogan dan "aku-berpusat" menjadi kosa kata yang menunjukkan rasa hormat terhadap orangtua. Ini adalah alat yang sangat berharga untuk membangun kerendahan hati.

6.       Semangat mengikuti hukum alam
Menurut tanggapan saya hukum alam itu merupakan Hukum alam yang membahas masalah ukuran, bentuk, bahan, dan kehidupan hayati dan nonhayati atau matematika, fisika, kimia dan biologi, dan hubungannya satu sama lain, menjadikan alam semesta khususnya planet bumi menadi indah dan penuh dengan berbagai fasilitas alami termasuk sumber daya. Adapun berbagai kegiatan hidup manusia dalam membangun dan memanfaatkan alam dan tataannya, perlu mengacu pada hukum alam sesuai dengan pernyataan. Sebab jika salah atau tidak tepat dalam membangun atau memanfaatkan tataan alam, tidak mustahil lambat atau cepat alam akan memberikan reaksinya untuk memulihkan keseimbangannya.
Menurut komentar saya mengenai hukum alam dapat cepat dibuktikan melalui pengamatan  panca indera atau bersifat empirik. Karena bersifat empirik, maka orang mudah meyakini (mengimani) kebenaran hukum alam. Sikap percaya ini kemudian melahirkan sikap hati-hati menghadapi hokum alam
 Beberapa contoh hukum alam adalah hukum gravitasi, hukum rotasi, hukum daur, dll.
7.       Kejujuran adalah pangkal sukses
Menurut tanggapan saya mengenai kejujuran itu dapat ​​memberitahu mereka apa yang benar-benar akan mengambil untuk menjadi sukses dalam bisnis mereka. Karena Kejujuran adalah kebijakan terbaik dalam berencana untuk membangun keberhasilan jangka panjang dalam suatu bisnis yang akan dijalankan.
Menurut komentar saya yaitu Jika saya mengambil posisi dalam industri bisnis dengan bersikap tulus dan jujur dapat mempertahankan suatu pekerjaan yang besar. Dan dapat membantu orang untuk menciptakan suatu kesuksesan yang sama yang saya miliki, tidak akan memiliki saingan dan Tidak memiliki sikap kurang dan tidak akan menyebabkan frustrasi dalam suatu tim. Oleh karena itu kejujuran akan membawa kualitas atau fakta yang jujur, mengalami keterbukaan, dan bebas dari penipuan.
Sebagai contoh, Pembeli bensin akan sangat marah jika petugas yang melayani mengisinya dengan menggunakan ukuran yang tidak sama dengan volume bensin yang masuk. Siapa pun pasti akan marah, setidaknya kecewa, jika dibohongi oleh siapa pun pula.
8.       Semangat bersyukur
Tanggapan saya mengenai prinsip dalam semangat Bersyukur ini sangat penting sekali karena dapat menyimpan kekuatan penuh untuk merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.Bersyukur juga mempercepat pertumbuhan dan sukses. Bahkan bekerja sekeras apapun tanpa dilengkapi dengan rasa syukur hanya akan membawa perasaan kekurangan, stres, dan rendah hati.

Komentar saya dalam semangat bersyukur dapat memperoleh apa yang kita ciptakan karena pikiran yang kreatif dan mempunyai otoritas penuh untuk membuat realitas apapun yang pilih.  Salah satunya Berdoa, dalam semangat kreatifitas, adalah suatu pernyataan rasa syukur bahwa apa yang sudah dimiliki semua yang kita perlukan. Bersyukur juga dapat membebaskan dari ketergantungan terhadap hasil akhir.
Contoh dalam semangat bersyukur yaitu salah satunya aadalah Perilaku Bersyukur Kepada Tuhan Allah SWT
Bersyukur dengan Hati dan Perasaan
- Menghindari perilaku buruk yang dibenci manusia dan Allah SWT seperti kikir, ria, fasik, mungkar, keji, dendam, sombong, takabur, munafik, dan sebagainya.
- Selalu ingat kepada Allah SWT dan juga mengingat mati.
- Memiliki perasaan cinta kepada Allah SWT dan Rasulnya melebihi apapun juga.
- Mengejar kenikmatan akhirat untuk mesuk surga.
Beryukur dengan Mulut / Ucapan
- Terbiasa Membaca Al-Quran atau tadarus
- Menyebarkan dan mengajarkan ilmu yang dimiliki
- Selalu ingat Allah dengan berzikir di manapun dan kapanpun kita berada seperti tahlil, tahmid, istigfar, hauqalah, takbir, ta'awudz, dan lain sebagainya
- Senantiasa berdoa kepada Allah untuk mendoakan diri sendiri, keluarga, kerabat, musuh, dan lain sebagainya.
Bersyukur dengan Amal Perbuatan
- Melakukan ibadah sholat lima waktu
- Melaksanakan ibadah puasa wajib dan sunat
- Melaksanakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangannya
- Berperang dan berjihad di jalan Allah SWT
- Belajar dan mengajarkan ilmu yang telah didapat
- Tolong-menolong sesama manusia
- Melaksanakan ibadah zakat dan haji jika mampu dan memenuhi syarat
Bersyukur dengan Harta Benda
- Membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan finansial
- Menabung di bank syariah yang jauh dari praktek riba
- Membangun mushala, masjid, sekolah, jembatan, dan sebagainya
- Menyumbang dana untuk membiayai perang jihad
- Membuat rumah sakit umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TWITTER

Menu

Recent Post